Pages

Selasa, 24 Januari 2012

Aitem Self-Management

Petunjuk menjawab:
1.      Berikan tanda centang (√) pada lembar jawaban yang sesuai dengan diri anda.
2.      Jawablah masing – masing pernyataan di lembar jawaban yang telah disediakan.
3.      Tidak diperkenankan adanya jawaban ganda.
4.      Keterangan jawaban:
a.      STS     :    Sangat Tidak Setuju
b.      TS       :    Tidak Setuju
c.       AS      :    Agak Setuju
d.      S         :    Setuju
e.      SS       :    Sangat Setuju

Berikan jawaban dari pernyataan di bawah ini, sesuai dengan keadaan diri Anda.
1.      Bila mengerjakan tugas yang membosankan, saya selalu bisa mengabaikan kebosanan tersebut dan terus mengerjakan tugas saya hingga selesai.
2.      Saya selalu bisa tenang mengikuti pelajaran dari guru yang saya anggap killer.
3.      Seringkali saya berpikir positif terhadap teman saya untuk menghilangkan prasangka buruk saya terhadap mereka.
4.      Saya biasanya mengalami kesulitan dalam mengatasi rasa tegang jika tanpa bantuan dari teman saya.
5.      Ketika saya frustasi, saya seringkali mencoba memikirkan hal-hal yang menyenangkan.
  1. Terkadang saya menghabiskan waktu saya hingga satu jam untuk memikirkan kesalahan-kesalahan yang pernah saya buat.
  2. Saya selalu mempunyai cara yang tepat untuk menghadapi kesulitan yang saya alami.
  3. Saya lebih memilih menyelesaikan tugas dari guru killer terlebih dahulu karena saya merasa takut mendapatkan hukuman jika tidak mengerjakannya .
  4. Ketika saya bingung mengerjakan satu soal matematika, saya memilih untuk mengerjakan soal nomer selanjutnya meskipun saya sudah tahu harus memakai rumus apa.
  5. Ketika saya kesulitan berkonsentrasi dalam membaca, saya mencoba memfokuskan pikiran saya teradap tulisan yang saya baca.
  6. Ketika membuat rencana untuk belajar, saya menghilangkan semua hal yang sekiranya bisa mengganggu kegiatan belajar saya.
  7. Salah satu cara yang biasa saya lakukan untuk menghilangkan kebiasaan buruk saya adalah dengan memperhatikan hal terkecil dari kebiasaan tersebut lalu berusaha mengubahnya, misalnya seperti kebiasaan saya yang suka terlambat masuk sekolah yaitu dengan memasang alarm pada handphone saya.
  8. Ketika rasa khawatir saya mulai muncul, saya menarik nafas panjang agar tetap tenang.
  9. Saya memerlukan ancaman hukuman dari guru saya dan bantuan teman saya untuk tidak lupa mengerjakan pr.
  10. Bila saya tidak bersemangat, saya mencoba untuk bertindak ceria, sehingga lebih bersemangat.
  11. Jika saya memiliki obat-obatan, saya akan minum obat penenang untuk mengatasi rasa tegang yang saya alami.
  12. Ketika saya merasa stress/frustasi, saya mencoba menyibukkan diri dengan hal-hal yang saya sukai.
  13. Saya cenderung menunda mengerjakan tugas meskipun sebenarnya dapat saya selesaikan secara cepat karena mengumpulkannya masih seminggu lagi.
  14. Untuk bisa berkelakuan baik didalam kelas, saya membutuhkan dukungan dari teman-teman saya.
  15. Ketika merasa sulit untuk belajar dengan tenag, saya mencari cara untuk menenangkan diri dengan bermain game di hp saya atau membuka facebook.
  16. Saya jarang sekali memikirkan kendala-kendala yang bisa menghambat prestasi saya yang mungkin akan saya alami kelak.
  17. Yang utama bagi saya adalah mengerjakan tugas-tugas sekolah yang harus saya lakukan, kemudian baru mulai melakukan hal yang menyenangkan bagi diri saya.
  18. Saya seringkali mampu menghilangkan rasa nyeri di bagian tubuh saya dengan mengacuhkan rasa nyeri tersebut.
  19. Saya merasa semakin dihormati dan disukai oleh orang tua dan teman-teman saya ketika saya berhasil mengubah kebiasaan buruk saya.
  20. Saya sangat meyakini kata-kata “kegagalan adalah awal dari kesuksesan”.
  21. Ketika saya merasa sangat ingin melakukan sesuatu dengan sesegera mungkin, saya mengatakan pada diri saya, “Stop! Berpikirlah sebelum kamu melakukan sesuatu”.
  22. Saya masih bisa mempertimbangkan baik dan buruknya tindakan yang saya lakukan meskipun saya dalam keadaan marah.
  23. Ketika mengerjakan soal matematika yang membingungkan, saya lebih memilih mencoba beberapa rumus untuk menyelesaikannya daripada asal menjawabnya.
  24. Biasanya saya masih sempat untuk bermain game atau facebook-an, walaupun ada beberapa tugas yang harus dikerjakan.
  25. Ketika saya bangun siang di hari senin dan menyadari bahwa akan mendapatkan hukuman karena terlambat mengikuti upacara, saya mengatakan pada diri sendiri untuk tetap tenang,
  26. Ketika saya merasakan nyeri pada luka saya, saya mencoba melakukan hal-hal yang bisa membuat saya lupa dengan rasa nyeri yang saya rasakan.
  27. Saya biasanya mencatat daftar tugas-tugas yang ada untuk memudahkan saya mengerjakannya satu persatu.
  28. Ketika mendapatkan uang saku dari orang tua, saya sudah merencanakan apa saja yang akan saya beli hari ini agar saya bisa menyisihkan beberapa uang untuk saya tabung.
  29. Biasanya saya mengerjakan tugas saya sedikit demi sedikit agar lebih mudah untuk mengerjakannya.
  30. Hampir setiap saat saya selalu berprasangka buruk terhadap teman yang saya benci.
  31. Ketika saya lapar di waktu pelajaran, saya mencoba menghilangkan rasa lapar saya dengan mencoba membayangkan bahwa saya sudah puas.

0 komentar:

Posting Komentar

 

(c)2009 Little Princess's World. Based in Wordpress by wpthemesfree Created by Templates for Blogger